Kamu bosan di rumah saja? Tidak ada kegiatan lain untuk mengisi waktu? Mungkin kamu bisa coba memancing. Memancing merupakan salah satu kegiatan yang biasanya dijadikan banyak orang sebagai hobi atau sekedar untuk mengisi waktu. Sensasi menunggu dan menarik reel saat ikan berhasil dipancing menjadi alasan orang banyak melakukan kegiatan ini. Kamu bisa melakukan kegiatan ini sendiri atau mengajak teman dan keluarga. Dijamin, kamu tidak akan bosan melulu. Ditambah lagi, dengan memancing di beberapa spot pemancingan, kamu bisa sambil menikmati pemandangan dan refresh pikiran. Dengan begitu, kamu bisa kembali ke rumah dengan keadaan senang. Ibarat handphone, kamu bisa terisi kembali! Nah, untuk kamu yang berniat untuk mulai memancing atau kamu yang memang sudah terjun ke dunia memancing, kamu perlu mengetahui informasi penting satu ini. Informasi tersebut ialah tips memilih reel pancing yang bagus dan kuat. Ya, benar sekali! Informasi ini penting karena nantinya akan mempengaruhi kegiatan memancing kamu. Untuk tahu lebih lanjut, yuk simak penjelasan di bawah ini.

Tips Memilih Reel Pancing Yang Bagus dan Kuat Untuk Kamu Yang Hobi Memancing

Sebagai pemancing pemula atau pemancing yang butuh informasi soal reel, kamu bisa membaca tulisan ini. Di sini kamu akan diberikan beberapa tips memilih reel pancing yang bagus dan kuat. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan reel pancing yang cocok dan memancing dengan nyaman. Berikut adalah beberapa tips untuk memilih reel pancing yang bagus dan kuat.

1. Perhatikan Material Spool

Spool atau reel pancing merupakan alat dengan bentuk silinder. Alat ini digunakan sebagai jalur lilitan senar dan penyimpanan senar. Hal ini dikarenakan senar merupakan alat yang terhubung langsung dengan kail untuk memancing ikan. Kalau tarikan senarmu kurang mantap, pancingan pasti akan susah dapat. Maka dari itu, bahan atau material spool benar-benar harus kamu perhatikan. Beberapa material spool yang baik adalah stainless steel atau aluminium. Bahan ini ringan namun tetap kuat sehingga cocok untuk material spool atau reel pancing.

2. Pilih Ukuran Reel Yang Tepat

Ukuran juga menjadi faktor penting yang harus diperhatikan dalam sebuah reel pancing. Kamu harus mempertimbangkan ukuran reel ini berdasarkan ukuran objek yang kamu pancing. Kalau kamu memancing di sungai dengan ikan-ikan berukuran kecil sampai sedang, kamu tidak membutuhkan reel pancing yang besar. Sebaliknya, kalau kamu memancing di lautan dengan objek tangkapan yang besar-besar, kamu bisa menggunakan reel pancing yang besar.

Ukuran reel pancing yang tersedia biasanya berkisar antara 500 hingga 4000 ke atas. Untuk kolam kecil kamu bisa menggunakan reel ukuran 500-1000. Untuk kolam besar kamu bisa menggunakan reel ukuran 1500-2000. Untuk danau, sungai, atau sejenisnya kamu bisa menggunakan reel ukuran 2500-3000 sedangkan untuk lautan kamu bisa menggunakan reel ukuran 400 ke atas.

3. Perhatikan Kualitas Drag System

Hal terakhir yang perlu kamu perhatikan adalah kualitas drag system dari reel pancing tersebut. Kamu bisa mengeceknya dengan memutar handle dan melihat seberapa mulus reel tersebut berjalan. Hal ini penting karena saat memancing, objek tangkapanmu seperti ikan-ikan besar pasti akan melawan. Senar yang terulur dan tertarik dengan sempurna melalui reel akan mempermudah bagian ini. Maka dari itu pastikan untuk mengecek kualitas drag system yang kamu pilih ya. Nah, itulah beberapa tips membeli reel pancing yang bagus dan kuat. Kamu bisa menerapkannya saat ingin membeli reel pancing.