Car free day merupakan salah satu wadah untuk melakukan olahraga. Pada saat car free day kamu bisa bergabung dengan banyak komunitas yang berhubungan dengan olahraga. Saat car free day pula dapat dijadikan sebagai waktu yang tepat untuk melakukan kegiatan bersepeda dengan santai dan bisa merasakan udara segar di pagi hari tanpa paparan polusi udara. Ada beberapa jenis sepeda yang bisa kamu gunakan saat car free day. 

1. Sepeda Lipat 

Sepeda yang bisa kamu gunakan pada saat car free day adalah jenis sepeda lipat. Sepeda jenis ini sangat fleksibel untuk dibawa dan disimpan.  Jika  rumah kamu jauh dari lokasi car free day, maka kamu bisa melipat sepeda ini dan membukanya ketika sampai di lokasi car free day. Sepeda lipat ini banyak digunakan oleh orang daerah perkotaan karena fleksibel dan mudah untuk dibawa-bawa. Selain itu desain dari sepeda lipat juga sangat sederhana. 

2. Sepeda Gunung 

Sepeda gunung bisa kamu gunakan untuk car free day karena sepeda jenis ini bisa kamu gunakan dalam berbagai medan dan situasi. Sehingga, kamu juga bisa menggunakan sepeda jenis ini untuk ikut berpartisipasi di car free day. 

3. Sepeda Fixie 

Jenis selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk car free day adalah jenis fixie. Sepeda ini memiliki desain yang santai dan sangat ringan. Sehingga, sepeda jenis ini sangat cocok untuk kamu gunakan bersantai dan menikmati waktu bersantai di car free day. 

Selain ketiga jenis di atas itu, kamu juga bisa menggunakan city bike untuk datang ke car free day. Car free day merupakan acara untuk menikmati hari minggu atau akhir pekan untuk bersantai. Jadi, usahakan kamu membawa jenis yang santai agar bisa menikmati waktu selama car free day.  

Manfaat Yang Didapatkan Dengan Bersepeda 

 Kegiatan bersepeda selain untuk menghabiskan waktu luang dan bersantai ternyata memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh jika dilakukan dengan benar. Tidak heran jika saat ini banyak orang mulai rajin melakukan kegiatan bersepeda. Selain mampu menekan peningkatan polusi udara juga bisa meningkatkan kesehatan tubuh. Untuk menjaga kesehatan tubuh dengan bersepeda, kamu bisa melakukan kegiatan rutin bersepeda minimal satu jam. Kamu bisa membuat jadwal untuk melaksanakan kegiatan bersepeda agar lebih terstruktur. Bersepeda tanpa disadari mampu menggerakan hampir seluruh anggota tubuh. 

Manfaat yang pertama bagi tubuh saat bersepeda adalah melatih otot tubuh. Dengan bersepeda kamu diharuskan untuk mengayuh sepeda dengan menggunakan tenaga kaki dan tangan harus tetap menjaga keseimbangan tubuh. Sehingga, dengan bersepeda secara tidak disadari kamu telah melatih otot tubuh untuk bekerja dan bergerak agar otot-otot tubuh menjadi lebih kuat dan tidak mudah lemas. Manfaat lain dari bersepeda adalah mengontrol berat badan. Melalui kegiatan bersepeda secara rutin selama satu jam setiap hari kamu bisa membakar 300 kalori. Bersepeda membuat sistem metabolisme di dalam tubuh bekerja dengan maksimal sehingga pembakaran dapat berlangsung dengan baik.  

Meningkatkan kesehatan jantung adalah salah satu manfaat yang akan kamu dapatkan dari bersepeda. Bersepeda mampu membakar lemak darah yang dapat memicu terjadinya kolesterol dan serangan jantung. Selain itu, dengan bersepeda juga akan membuat kualitas paru-parumu meningkat. Bersepeda selama 30 menit dapat menurunkan risiko terkena diabetes sebanyak 40%. Oleh karena itu, olahraga bersepeda dapat dijadikan sebagai salah satu upaya pencegahan agar terhindar dari diabetes yang terkenal mematikan. Manfaat dari bersepeda yang terakhir adalah meningkatkan kesehatan mental. Tinggal di daerah perkotaan atau kota besar dapat meningkatkan risiko depresi dan berbagai macam permasalahan kesehatan mental lainnya. Dengan melakukan kegiatan bersepeda dapat mengaktifkan dopamin di dalam tubuh yang memicu munculnya rasa bahagia di dalam dirimu.