Brompton merupakan salah satu sepeda lipat yang sangat populer akhir-akhir ini. Meskipun eksistensi dari sepeda lipat satu ini sudah ada sejak lama, namun ternyata kesuksesannya mulai terdengar di tanah akhir belakangan ini. Sepeda lipat Brompton terkenal dengan desain unik serta harganya yang sangat fantastis.

Maka tidak heran jika sepeda yang satu ini banyak diincar oleh para kolektor. Apalagi beberapa seri sepeda yang langka dipasaran karena tidak diproduksi secara masal. Terdapat beberapa seri limited edition yang dikeluarkan oleh Brompton dimana saat ini menjadi serbuan banyak orang. Apa saja serinya, dan mengapa sepeda tersebut banyak dicari, berikut ulasannya.

  1. Brompton x Tom Dixon

Brompton pertama kali melakukan kolaborasi pada tahun 2010. Perusahaan besar tersebut menggandeng seorang desainer Inggris bernama Tom Dixon. Dixon dikenal memeiliki kary pencahayaan dimana dapat menggabungkan antara permukaan reflektif suatu material tembaga dengan kuningan.

Maka dari itu, tidak heran jika sepeda tersebut memiliki unsur pelapisan tembaga pada rangka utamanya. Namun, sepeda satu ini tidak diproduksi secara massal, sehingga hanya terdapat beberapa seri saja. Salah satu koleksinya pernah dipajang di pameran London Design Week pada tahun 2010.

  1. Brompton Royal Wedding Edition

Pada tahun selanjutnya, tepatnya di tahun 2011 Brompton memperkenalkan edisi khusus pertama kali untuk memperingati pernikahan royal family yakni Pangeran William dan Kate Middleton. Sepeda tersebut diberi nama The British Royal Wedding Brompton dan hanya diproduksi sebanyak 300 unit untuk pasar Asia Timur.

Brompton saat itu menggunakan sepeda lipat seri M3L berwarna “Sake White” dengan stiker khusus dimana terdapat nama William dan Catherine serta tanggal pernikahan pasangan royal family tersebut. Sadel sepeda ini menggunakan Brooks B17 Special yang berwarna cokelat degan aksesn antik.

  1. Brompton Jubilee

Tidak sampai itu saja, Brompton Jubilee dirilis pada tahun 2012 dalam rangka menghormati 60 tahun berkuasanya Ratu Elizabeth II sebagai pemimpin kerajaan Inggris. Sepeda tersebut menggunakan seri klasik M3L dengan corak warna bendera Inggris yakni Union Jack dan dilengkapi dengan tas S-bag masih bernada Union Jack karya Katie Barton.

  1. Brompton Vic Lee Edition

Pada tahun yang sama, Brompton ternyata masih tidak puas dengan inovasi, hingga melakukan kolaborasi dengan desainer serta ilustrator bernama Vic Lee. Sama dengan seri Jubilee, sepeda lipat satu ini merupakan edisi terbatas pertama yang dirilis secara global.

Antara Jubilee dan Vic Lee Edition, masing-masing diproduksi sebanyak 500 unit saja. Vic Lee mengedepankan aksen corak London dengan sentuhan garis putih pada rangka bagian atas sepeda dimana terdapat pula warna hitam terang. Sepeda dengan tipe S2L ini dilengkapi dengan cetakan nomor seri serta memiliki tas S bag yang dikustom sehingga terdapat penutup yang menampilkan desainnya. Pada mulanya, sepeda lipat ini hanya menjadi salah satu hadiah saat acara Brompton World Championship 2011 berlangsung. Namun karena banyaknya permintaan, Brompton memproduksinya secara masal sebanyak 500 unit.

Tentunya setiap seri limited edition yang dikeluarkan oleh Brompton pasti memiliki desain unik serta cerita dibaliknya. Maka tidak heran jika sepeda-sepeda tersebut menjadi incaran banyak orang. Apalagi terdapat sepeda yang sempat menjadi kebanggan bagi rakyat Inggris. Jika disuruh memilih, sepeda seri mana yang kamu minati dan berencana akan membelinya?