Sepatu Puma memang kian digemari karena modelnya yang simpel namun tetap elegan. Selain sangat nyaman untuk dipakai berolahraga, sepatu Puma juga trendi untuk dipakai hangout ke mall, kafe, atau tempat tongkrongan hip lainnya. Apalagi gaya kasual kini semakin disukai, sepatu sneakers pun bisa dipakai oleh pria atau wanita, bahkan bisa dipadukan dengan pakaian yang semi formal.

Mau menambah koleksi sepatu Puma atau baru mau pertama kali beli? Jangan sampai tertipu beli yang KW. Karena saat ini, banyak sekali penjual “nakal” yang menjual barang palsu atau semi KW. Intinya sih, apapun julukannya, produknya bukan original. Sebagai pembeli, kita sendiri yang harus pintar-pintar membedakan sepatu Puma yang original dan KW.

Bedakan Sepatu Puma Original dan KW

Caranya adalah dengan memperhatikan beberapa poin berikut ini:

1. Harga

Wajar jika barang yang harganya murah akan lebih menarik perhatian konsumen. Harga murah sebenarnya mungkin saja didapat pembeli, jika produk yang dijual merupakan model lama atau memang sedang ada program promo resmi dari Puma. Tapi kalau tidak ada program apa-apa, tiba-tiba ada yang jual produk banting harga, inilah yang harus diteliti lagi.

Perlu dicurigai kalau harga sepatu Puma yang dijual kelewat murah. Karena sepatu bermerk yang original pada umumnya berharga cukup tinggi dan tidak akan menurunkan harga secara drastis. Kisaran harga sepatu Puma original baru biasanya adalah di atas Rp 500 ribu hingga jutaan.

2. Logo

Logo Puma original adalah seekor puma loncat. Logo ini biasanya ada di pinggir sepatu, lidah, tumit, dan sol. Logo sepatu Puma original akan terlihat rapi, bagus dilihat dari kualitas cetak dan warnanya. Sementara sepatu yang KW logonya cenderung berantakan dan berbeda dari logo aslinya.

3. Boks

Puma menggunakan boks yang diberi nama Clever Little Bag. Ini adalah boks berukuran ergonomis yang ramah lingkungan. Di boks ini, pembeli bisa melihat informasi detil produk. Mulai dari tipe sepatu, ukuran, dan detail produksi. Jadi cek dengan teliti, tipe sepatu yang ada di dalam boks sama atau tidak dengan yang tertulis di boks.

Selain boks, biasanya disertakan juga kantong kain berwarna merah. Kantong yang asli pastinya rapi dengan finishing yang berkualitas. Sementara yang KW biasanya bentuknya terlihat sekedarnya saja.

4. Desain

Kalau mau tau lebih jelas sepatu Puma itu original atau KW, cek saja ketersediaan modelnya di situs resmi Puma. Tepatnya di bagian katalog. Cek desain sepatu yang kamu incar secara detail, bandingkan dengan yang di toko. Kalau ada perbedaan, meskipun sedikit, perlu dicurigai keasliannya.

Bisa juga sebaliknya. Cek barang yang ada di toko, tanya ke penjual apa nama serinya. Lalu cek, ada atau tidak di situs resmi. Kalau ada, perhatikan detailnya, jangan sampai ada yang terlewat. Kalau ternyata tipe yang disebutkan penjual itu tidak ada, berarti sudah jelas sepatunya KW.

Untuk menghindari apes dapat sepatu KW, lebih baik beli di toko original Puma, baik offline maupun online. Produk yang dijual sudah pasti original. Kamu pun bisa mendapatkan produk keluaran terbaru yang paling trendi. Puma juga sudah bekerja sama dengan beberapa toko online, loh. Jadi lebih praktis, kan. Apalagi kalau toko online yang dipilih sedang ada program potongan tertentu, jadi lebih menguntungkan lagi.