Saat ini gerakan mencintai lingkungan tidak hanya terbatas pada menanam pohon atau gerakan reuse barang saja. Tetapi ada banyak sekali usaha inovatif yang sudah mulai dilakukan, misalnya saja diciptakannya inovasi barang yang memang disiapkan untuk didaur ulang. Produk fashion misalnya saja sepatu juga tidak luput dari gerakan ramah lingkungan. Dan bahkan beberapa produsen sepatu ramah lingkungan tersebut berasal dari brand internasional serta lokal.

Berikut dibawah ini 4 produsen pencipta sepatu ramah lingkungan diantaranya yaitu :

  1. Converse

Di tahun 2019 kemarin, brand yang terkenal dengan model sepatunya yang khas dan tidak banyak melakukan perubahan ini memperkenalkan Converse Renew Canvas. Dihadirkannya dua seri sepatu yaitu Chuck Taylor All Stars dan Chuck 70. Converse untuk bagian uppernya menggunakan benang polyester yang merupakan bahan daur ulang dari botol plastik.

Mereka mengklaim bahwa penggunaan bahan polyester ini sudah dirancang serupa dengan kanvas katun, ini merupakan bahan yang biasanya digunakan untuk membuat Chuck Taylor. Yang terbuat dari bahan yang sama tidak hanya bagian upper dan talinya saja, karena jahitan bintang dan tulisan Conversenya juga menggunakan bahan yang sama.

  1. Adidas

Bagi Adidas sendiri menciptakan sepatu yang ramah lingkungan bukanlah hal baru. Karena sebelumnya pada tahun 2015 lalu, Adidas sudah menciptakan dua sepatu yang ramah lingkungan yaitu seri Ultraboost Parley dan Ultraboost X Parley yang limited edition. Sepatu ultraboost tersebut terbuat dari Parley Ocean Plastic 85 % yang kemudian dibentuk menjadi benang filament.

Tetapi tidak hanya itu saja karena brand ini juga sudah menciptakan Stand Smith X Stella McCartney. Model sepatu Adidas ramah lingkungan seri klasik ini mengusung Vegan Shoes atau sepatu tanpa menggunakan bulu dan kulit hewan pada tahun 2018. Dan ditahun 2019, brand yang satu ini melalui Adidas Future memperkenalkan konsep “Made to be Remade”. Tujuannya adalah untuk membuat produk sepatu yang dapat digunakan terus hingga berulang kali.

  1. Reebok

Dalam menunjukkan dukungannya terhadap lingkungan hidup, Reebok mencoba mengambil jalan yang berbeda. Dimana mereka membuat sepatu yang terbuat dari bahan dasar tanaman, tepatnya dari bahan yang mereka sebut dengan nama New Cotton + Corn Initative. Produsen sepatu ramah lingkungan ini mengatakan ingin membersihkan seluruh siklus pembuatan sepatu, mulai dari bahan apa yang digunakan untuk membuat sepatu hingga sampai mana sepatu tersebut akan berakhir. Bagian upper sepatu yang berbasis bio ini terbuat dari kapas organik, sedangkan bagian solnya terbuat dari bahan dasar serat jagung.

  1. Veja

Sepatu buatan Brazil ini setelah digunakan Megan Markle saat dirinya berkunjung ke Sydney, Australia, banyak diberitakan media. Sneakers yang mengusung konsep Vegan Shoes Sporty ini terbuat daru bahan kapas organic 70 % dan recycled polyester 30 % untuk bagian uppernya. Sedangkan untuk bagian panelnya terbuat dari Vegan Suede, logo V dari karet, lapisan jerseynya dari daur ulang polyester dan juga in sole-nya terbuat dari karet tumbuhan liar 25 % dan bahan sintetis. Karet tumbuhan tersebut diberinama Eva.

Meski menggunakan bahan dasar natural, tetapi Veja menghadirkan banyak pilihan warna dasar upper yang cenderung lebih beragam mulai dari warna hitam, coklat, kuning, pastel, merah, merah muda, putih, dan biru.

Selain itu masih ada produsen lain yang menciptakan sepatu ramah lingkungan yaitu Pijak Bumi, Made in Indonesia based on Bandung.